Pengaruh Masa dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Sosial Dosen PIP Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masa mengajar dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi sosial Dosen PIP Makassar. Metode penelitian ini adalah Metode penelitian adalah expo fakto dengan menggunakan instrument yaitu instrumen untuk menjaring data-data dosen dan instrumen untuk mengukur kompetensi sosial dosen dengan analisis deskriptif, homogenitas varians, analisis anova, dan Homogeneous subsets. Hasil penelitian ini adalah masa mengajar mempengaruhi kompetensi dosen, yang terdiri tiga kelompok masa mengajar mempengaruhi tingkat kompetensi dosen PIP Makassar yaitu 5 tahun dan antara 5 – 10 tahun serta masa mengajar di atas 10. Hasil analisis homogeneous subsets terhadap kelompok masa mengajar menyatakan bahwa kelompok masa mengajar kurang dari 5 tahun, antara 5 – 10 tahun dan di atas 10 tahun menunjukkan secara nyata perbedaan dalam pencapaian kompetensi dosen secara umum yaitu semakin besar pengalaman dan masa mengajar maka semakin besar kompetensi sosial yang dimiliki dosen.