Keefektifan Strategi Giving, Question, and Getting Answer Terhadap Karakter Siswa Pada Hasil Belajar Membaca Intensif Pada Siswa Kelas IV Madrasah Iptidayah Al Abrar Makassar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar membaca pada siswa kelas IV Madrasah Iptidaiyah Al Abrar Makassar. Kegiatan pembelajaran membaca pada siswa kelas Madrasah Iptidaiyah Al Abrar Makassar selama ini siswa kurang aktif dalam memberikan pertanyaan kepada guru selain yang ada dalam buku teks. Nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat diwujudkan jika guru memahami bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia yang dberikan guru dalam rangka melatih keterampilan berbahasa peserta didik baik secara lisan maupun tertulis yang sesuai dengan fungsinya. Namun kenyataannya, guru sering terjebak dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang lebih menekankan tentang teori kebahasaan. Pembelajaran lebih bersifat konvensional dan materi pembelajaran lebih pada penguasaan konsep-konsep bukan kompetensi. Dengan adanya permasalahan tersebut, bisa dipastikan tujuan membaca tidak akan tercapai secara maksimal. Hal tersebut menggugah peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Keefektifan Strategi Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar MembacaIntensif pada Siswa Kelas IV Madrasah Iptidaiyah Al Abrar Makassar”. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Eksprimen. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes awal (pretest) kepada satu kelompok yang disebut sebagai kelas eksperimen. Kemudian diberikan perlakuan (treatment) dengan menerapkan metode pembelajaran giving question and getting answer, selanjutnya diberikan tes akhir (post-test) pada akhirpembelajaran. Keberlanjutan penelitian ini akan menghasilkan produk dalam bentuk bahanajar dan publikasi ilmiah pada jurnal nasional maupun international.