Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dalam Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan-kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengetahui model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS pada siswa di SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar.; (ii) untuk mengetahui gambaran tingkat hasil belajar IPS pada siswa di SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar; (iii) untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa di SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) pembelajaran IPS dengan menggunakan model Kooperatif tipe NHT Pelaksanaan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dilaksanakan selama 4 kali pertemuan untuk proses pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama, terlihat suasana kelas sangat gaduh, berbeda pada pertemuan selanjutnya dimana siswa sudah mulai memahami tanggung jawabnya masing-masing. Begitupun pada pertemuan ketiga dan keempat, dapat dilihat kerjasama dan antusias siswa juga meningkat terutama ketika guru memanggil satu per satu nomor siswa; (ii) penggunaan model kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas IV SDN Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar.