Pengaruh Pengelolaan Kelas, Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Di Kelas IV SDN Se-Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Besar pengaruh pengelolaan kelas  terhadap hasil belajar IPS peserta didik di kelas IV SDN Kecamatan  Belawa Kabupaten Wajo, (2) Besar pengaruh pemanfaatan sarana terhadap hasil belajar IPS  peserta didik di kelas IV SDN Kecamatan  Belawa Kabupaten Wajo, (3) Adanya hubungan  determinan positif antara pengaruh pengelolaan kelas, pemanfaatan sarana dan prasarana terhadap hasil belajar IPS pada peserta didik di kelas IV SDN Kecamatan  Belawa Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif jenis regresi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuisioner dan buku laporan peserta didik setiap semester atau nilai ulangan tengan semester. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Instrumen penelitian berupa angket yang telah di validasi oleh validator, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil uji T diperoleh besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo sebesar 93,12%, (2) Besar pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana  berpengaruh terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo sebesar -27,6%, (3) Hasil uji T menunjukkan Pengelolaan kelas sangat determinan terhadap hasil belajar IPS pada peserta didik di kelas IV SDN se-Kecamatan  Belawa Kabupaten Wajo sebesar (93,12%), sedangkang pemanfaatan sarana dan prasarana  mempunyai pengaruh sebesar -27,6%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh pengaruh pengelolaan kelas, pemanfaatan sarana dan prasarana terhadap hasil belajar IPS pada peserta didik di kelas IV SDN Kecamatan  Belawa Kabupaten Wajo.