Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan Hidup Pada SMP Negeri 3 Kota Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam menerapkan berbagaimetode untuk pendidikan lingkungan hidup pada pembelajaran IPS yang terintegrasi diSMP Negeri 3 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumberdata penelitian adalah guru IPS dan siswa sebagai responden. Teknik Pengumpulan datadilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa; (1) ) Kompetensi guru IPS dalam pedidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 3Kota Makassar kurang memuaskan. Hal ini disebabkan oleh guru IPS masih kurangmemiliki wawasan dasar keilmuan tentang pendidikan lingkungan hidup. Di samping itujuga, guru belum aktif dan kreatif, serta memiliki kemampuan untuk mengembangkanmateri pendidikan lingkungan hidup ke dalam mata pelajaran IPS (2) Kendala-kendalayang ditemukan dalam pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 3 Kotamakassar yaitu berasal dari (a) guru, sarana, dan prasarana yang belum memadai, (b)biaya penunjang pendidikan (c) metode pembelajaran, (d) guru IPS belum pernahmendapat bimbingan dan pelatihan tentang materi pendidikan lingkungan hidup secarakhusus, (e) buku pembelajaran PLH sangat terbatas.