Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan pemanfaatan media Audio-Visual (Film Projector). Subjek penelitian berjumlah 45 siswa kelas IV-B semester Ganjil SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian berlangsung selama 3 bulan terdiri atas dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media Audio-Visual (Film Projector) dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Nilai rerata IPA meningkat, dari siklus pertama mencapai skor 69,93 kemudian meningkat menjadi skor 81,84 pada siklus kedua. Ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 58% menjadi 91%. Dengan demikian ada manfaat positif atas tindakan yang dilakukan guru berupa penggunaan media Audio-Visual (Film Projector).