Kompetensi Widyaiswara Dan Kualitas Diklat

Abstract

Tujuan artikel pemikiran ini adalah menekankan kembali peran widyaiswara dalam menentukan kualitas sebuah kegiatan pendidikan dan pelatihan. Beberapa hasil penelitian sebelumnya dikaji, dibandingkan dan disimpulkan guna melahirkan sebuah hasil pemikiran yang sekaligus dapat direkomendasikan untuk peningkatan dan perbaikan kegiatan Pendidikan dan pelatihan yang dapat diukur melalui tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan peserta diklat terhadap kompetensi widyaiswara yang terdiri dari Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Substantif. Kesimpulan pada artikle ini  :1) Widyaiswara harus mencermati ketiga kompetensi widyaiswara yang meliputi Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Substantif. 2) Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran, perlu mendapat perhatian utama sesuai hasil penelitian sebelumnya, untuk dicarikan pemecahannya agar pada diklat berikutnya dapat memuaskan peserta diklat. 3) Kurikulum perubahan diklat kepemimpinan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta diklat. Artinya Jika kurikulum perubahan sesuai dengan kebutuhan peserta dikat maka kepuasan peserta diklat akan semakin tinggi, sebaliknya semakin kurang baik dan kurikulum perubahan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta diklat maka kepuasan peserta diklat akan semakin rendah.