Pengembangan Perangkat Evaluasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Pada Anak Tk Islam Al Markaz Al Islami Kelompok B Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran analisis kebutuhan pengembangan perangkat evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini, 2) mengetahui gambaran desain pengembangan perangkat evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini, 3) mengetahui gambaran tingkat keterlaksanaan evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan model Thiagarajan dan Semmel yang dikenal dengan 4-D yaitu define (pendefinisisan), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya mencakup 3 tahapan yakni pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perangkat evaluasi yang digunakan di TK Islam Al Markaz Al Islami Makassar untuk mengevaluasi seluruh aspek perkembangan anak dengan yang digunakan TK pada umumnya sama. Hanya saja proses evaluasi yang dilakukan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip evaluasi, bahkan evaluasi jarang dilakukan atau dilakukan tetapi tidak menggunakan metode, strategi maupun alat yang tepat. Selain itu tidak adanya perangkat evaluasi yang lebih khusus untuk mengevaluasi tiap-tiap aspek perkembangan, khususnya pada aspek perkembangan bahasa anak. Berdasarkan fenomena itu dilakukan analisis teoritik dan empirik sehingga disimpulkan bahwa dibutuhkan perangkat evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini. 2) Hasil dari gambaran desain pengembangan perangkat evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini disimpulkan bahwa desain ini dilakukan melalui beberapa tahap dimulai dari tahap penyusunan instrument, pemilihan format penilaian, menentukan landasan filosofi dan operasional didapatkan bahwa perlunya suatu buku pedoman untuk guru dalam pelaksanaan evaluasi dan perangkat evaluasi perkembangan bahasa anak. 3) Hasil dari gambaran tingkat keterlaksanaan metode pembelajaran melalui validasi ahli dan pengamatan observer diperoleh kesimpulan bahwa analisis pada angket respon guru (ARG) dan lembar pengamatan keaktifan anak (LPKA) terhadap pengembangan perangkat evaluasi berada pada kategori “baik” sedangkan hasil evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini dalam lima kegiatan yaitu yang telah dikembangkan berada pada kategori terlihat (T).