Perbandingan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Sumarorong Yang Aktif Dalam Kegiatan OSIS Dengan Yang Tidak Aktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajarĀ  siswa SMK Negeri 1 Sumarorong yang aktif dalam kegiatan OSIS dengan yang tidak aktif. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa kegiatan yaitu merencanakan penelitian, mengumpulkan data (dengan dokumentasi), menganalisa data, dan menyusun laporan penelitian. Untuk menyusun laporan penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan rancangan analisis t-test. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XII dengan sampel 40 orang yang masing-masing 20 orang untuk kelompok yang aktif dalam kegiatan OSIS dan 20 orang untuk kelompok yang tidak aktif. Hasil analisa data didapatkan bahwa nilai t0 (thitung) sebesar 2,452 lebih besar dari nilai tt (ttabel) yaitu sebesar 2,021 pada taraf signifikasi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang aktif dalam kegiatan OSIS dengan siswa yang tidak aktif. Hasil belajar siswa yang aktif dalam kegiatan OSIS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak aktif.