Karakter Kebangsaan Pada Buku Siswa Kelas 4 Tema “Pahlawanku”: Sebuah Implementasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan yang dibuat guru kelas dalam mengimplementasikan nilai karakter kebangsaan, mengetahui implementasi nilai karakter kebangsaan pada proses pelaksanaan pembelajaran, mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat dalam mengimplementasikan karakter kebangsaan dalam kegiatan pembelajaran , mengetahui upaya-upaya guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam mengimplementasikan nilai karakter kebangsaan pada tema “Pahlawanku” di SD Negeri Sidorejo 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bahwa peneliti ingin memahami implementasi nilai karakter kebangsaan dalam pembelajaran tema “Pahlawanku” di SD Negeri Sidorejo 01. Sumber data primer diperoleh dari buku tematik siswa kelas 4 terbitan Kemendiknas, guru kelas dan siswa kelas 4. Sumber sekunder diperoleh dari RPP dan silabus pelaksanaan pembelajaran tema “Pahlawanku”. Teknik pengumpulan data adalah analisis dokumen, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi nilai karakter kebangsaan pada proses pembelajaran sudah baik, melalui beberapa factor penunjang yang ada mampu menutupi beberapa factor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaannya.