FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PADA POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Metode penelitian ini digunakan metode penelitian evaluative yaitu mengadakan penilaian terhadap dimensi kualitas pelayanan publik, sebagai organisasi birokrasi pusat. Sedangkan sifat penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi ganda adalah penelitian yang dilakukan terhadap beberapa varabel, yaitu membuat perbandingan dengan variabel lain. Teknik pengumpulan data adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap kualitas pelayanan meliputi kehandalan, jaminan, bukti langsung, sikap ramah, serta daya tanggap, berkaitan dengan keadaan sumber daya manusia yang ada, sarana prasarana serta fasilitas kerja, maka seluruh faktor dari dimensi kualitas pelayanan yang disetujui responden sebagai faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan. Dari 51 orang pegawai yang ada di Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar, maka umumnya memiliki motivasi yang cukup baik dalam memberikan pelayanan. Ini memperlihatkan bahwa dari 5 faktor dimensi kualitas pelayanan, maka hanya faktor kehandalaan, jaminan, dan sikap ramah dan daya tanggap yang disetujui responden sebagai faktor yang memiliki kualitas pelayanan, sedangkan bukti langsung masih jauh dari harapan masyarakat. Ditinjau dari faktor fasilitas kerja, ternyata Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar sudah memenuhi standarisasi pelayanan, sehingga unsur tangibles dalam pelayanan dapat terpenuhi, sedangkan dari prosedur pelayanan masyarakat menginginkan adanya kejelasan terhadap prosedur yang ditetapkan. Kata Kunci : kualitas pelayanan, kehandalan, jaminan, bukti langsung, sikap ramah, dan daya tanggap.