PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN PERILAKU KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BANK NTT

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan peranan Bank NTT dalam pembangunan di NTT, (2) secara parsial menganalisis pengaruh komitmen organisasional terhadap kualitas pelayanan Bank NTT, (3) secara parsial menganalisis pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan Bank NTT, (3) secara bersama-sama menganalisis pengaruh komitmen organisasional dan perilaku kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan Bank NTT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank NTT merupakan lembaga keuangan yang memiliki peranan penting dalam pembangunan di NTT yaitu menerima, menyimpan, dan menyalurkan dana kepada masyarakat dengan berbagai layanan produk dan jasa seperti giro, tabungan, kredit dan menjalankan tanggungjawab sosial perusahaan, serta layanan jasa perbankan antara lain ATM, mobile banking dan sms banking. Di samping itu, Bank NTT juga menyerap tenaga kerja sebanyak 1.228 orang tahun 2014, dengan jumlah nasabah 824.260 orang tahun 2014, serta memiliki 126 unit kantor tersebut di seluruh kabupaten/kota di NTT. Berdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan Bank NTT secara signifikan dipengaruhi komitmen organisasional (X1) yaitu sebesar sebesar 0,563 (56,30%), berarti 43,70% dipengaruhi oleh variabel lain. Selanjutnya, hasil analisis parsial menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan Bank NTT ialah sebesar 0,656 (65,6%), dan sisanya sebesar 34,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimodelkan dalam penelitian ini.Kata Kunci: Komitmen, Organisasional, perilaku kepemimpinan, kualitas pelayanan.