Pengaruh Motivasi Belajar Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Pada Siswa Tunarungu Sekolah Luar Biasa

Abstract

Penelitian Ini adalah jenis penelitian Deskriktif Regresi yang bertujuan untuk mengetahui ; (1) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani; (2) Pengaruh Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada; (3)  Pengaruh Motivasi Belajar dan Percaya Diri Secara Bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Populasi adalah seluruh siswa Tunarungu SMA SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang digunakan adalah seluruh siswa Tunarungu SMA SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel. dengan jumlah sampel sebanyak 17 Siswa. Teknik penentuan sampel adalah porposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, Uji Normalitas data, uji linearitas data, Analisis  regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) Ada pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Tunarungu SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel sebesar 69,2 %; (2) Ada pengaruh Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Tunarungu SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-sel. Kemampuan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Tunarungu SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel sebesar 68,4 %; (3) Ada pengaruh Motivasi Belajar dan Percaya Diri Secara Bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Tunarungu SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-sel sebesar 80,3 %.