KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBELUM DAN SETELAH PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA yang memiliki kecenderungan tipe kepribadian Rational dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini dikategorikan sebagai studi eksploratif dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara kepada dua orang subjek berkepribadian Rational. Pemilihan subjek dilakukan dengan memilih dua orang siswa yang memiliki kecenderungan kepribadian Rational berdasarkan hasil tes penggolongan kepribadian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam mengidentifikasi asumsi SR mampu menentukan asumsi secara visual atau melalui gambar. (2) dalam menentukan akibat dari suatu ketentuan/keputusan, SR memahami dan mampu menggunakan segala asumsi ataupun ketentuan/keputusan/kesimpulan yang dibuatnya dalam penyelesaian masalah akan tetapi tidak dapat menjelaskannya secara rinci. (3) dalam mengungkap data/fakta/teorema yang dibutuhkan dalam penyelesaian masalah (a) SR merepresentasikan atau memvisualkan informasi yang ada dalam bentuk gambar. (b) SR tidak menuliskan hal-hal yang ditanyakan secara jelas akan tetapi memvisualkannya dalam bentuk gambar. (c) dalam menyusun rencana penyelesaian masalah SR selalu memperhatikan informasi yang ada sehingga penyelesaian masalah yang dipilihnya selalu berdasarkan informasi tertentu/beralasan bukan hanya berdasarkan intuisi belaka. (d) dalam menentukan langkah penyelesaian masalah begitu juga saat melakukan manipulasi matematika, SR selalu memperhatikan tujuan yang ingin dicapai (hal yang ditanyakan). (e) SR melakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaannya. (4) dalam menganalisis informasi SR menguraikan, menghubungkan dan menyusun kembali informasi tersebut untuk digunakan dalam penyelesaian masalah. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematika, Kepribadian Rational.