MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA KELAS VI SD INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT KOTA MAKASSAR

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan  teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket respons siswa. Pada penelitian ini telah dilaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan realistik dan model pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan masing-masing disajikan selama 4 kali tindakan dan 1 kali pemberian tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Kota Makassar dengan indikator sebagai berikut: (1) terjadi peningkatan rata-rata skor hasil belajar matematika yang dicapai 32 siswa dari sebelum pelaksanaan tindakan ke setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II; (2) persentase siswa yang tuntas belajar sudah memenuhi target minimal ketuntasan klasikal 75% siswa mencapai KKM; (3) rata-rata aktivitas siswa pada setiap aspek yang diamati menunjukkan bahwa aktivitas siswa dikatakan memenuhi kriteria efektif; (3) aktivitas guru menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajarn sudah berada pada kategori “sangat tinggi”;  (4) secara keseluruhan komponen yang direspons mendapat respons positif dari siswa dengan persentase di atas 70%. Kata kunci: Pemahaman Matematika, Pendekatan realistic