PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS, INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA, KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN SE KECAMATAN MANGGALA DI KOTA MAKASSAR

Abstract

Abstrak; Hasil belajar matematika di pengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal diantaranya pola asuh demokratis dan interaksi sosial teman sebaya sedangkan faktor internal diantaranya kecerdasan emosional dan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh pola asuh demokratis terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kecerdasan emosional dan efikasi diri siswa kelas VIII SMPN se kecamatan Manggaala di kota Makassar dan (2) seberapa besar pengaruh interaksi sosial teman sebaya terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kecerdasan emosional dan efikasi diri siswa kelas VIII SMPN se kecamatan Manggaala di kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN se kecamatan Manggala di kota Makassar tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 1478 dengan jumlah sampel 253. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) angket pola asuh demokratis, (2) angket interaksi sosial teman sebaya, (3) angket kecerdasan emosional, (4) angket efikasi diri, (5) dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola asuh demokratis berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN se kecamatan Manggala di kota Makassar baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kecerdasan emosional dan efikasi diri, (2) interaksi sosial teman sebaya  berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN se kecamatan Manggala di kota Makassar baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kecerdasan emosional dan efikasi diri. Kata Kunci : Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, Hasil Belajar Matematika