PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X SMA NEGERI 11 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada materi trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar, (2) meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus dimana tiap siklus enam kali pertemuan yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan siswa, pemberian angket respons siswa, dan tes kemampuan penalaran matematika disetiap akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar mencapai keberhasilan yaitu aktivitas yang mendukung proses belajar mengajar terus mengalami peningkatan dan aktivitas yang tidak relevan dengan kegiatan proses belajar mengajar berkurang dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, bahkan di akhir siklus II sudah tidak tampak aktivitas yang tidak relevan dengan kegiatan proses belajar mengajar, (2) penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar dalam pembelajaran matematika, hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan penalaran matematika yang tergolong dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Discovery Learning, penalaran, saintifik.