KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK, PROBLEM SOLVING, DAN OPEN ENDED SETTING DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINJAI TIMUR

Abstract

adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan keefektifan Pendekatan saintifik setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada kelas VIII SMP negeri 2 Sinjai Timur (2) mendeskripsikan keefektifan Pendekatan problem Solving setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada kelas VIII SMP negeri 2 Sinjai Timur (3) mendeskripsikan keefektifan Pendekatan open ended setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada kelas VIII SMP negeri 2 Sinjai Timur (4) Mengetahui Pendekatan saintifik setting discovery learning lebih efektif daripada Pendekatan problem Solving setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Timur (5) Mengetahui problem Solving setting discovery learning lebih efektif daripada Pendekatan open ended setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Mengetahui Pendekatan saintifik setting discovery learning lebih efektif daripada Pendekatan problem Solving setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Timur dan sampel terdiri dari tiga kelas yakni kelas eksperimen I  diajarkan menggunakan pendekatan saintifik setting discovery learning, kelas eksperimen II diajarkan menggunakan Pendekatan problem Solving setting discovery learning, dan kelas eksprimen III diajarkan menggunakan Pendekatan open ended setting discovery learning  yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri data atas prestasi belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan saintifik, Pendekatan Problem Solving, dan pendekatan Open Ended setting discovery learning dalam materi lingkaran terlaksana dengan baik. (2) penerapan Pendekatan saintifik, Pendekatan Problem Solving, dan pendekatan Open Ended setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Timur efektif ditinjau dari aspek: (a) prestasi belajar siswa; (b) aktivitas belajar siswa; dan (c) respons siswa. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan  dengan uji-t menunjukan Pendekatan saintifik setting discovery learning lebih efektif dari pada Pendekatan Problem Solving dan pendekatan Open Ended setting discovery learning materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Timur. Kata Kunci: Penerapan Pendekatan Saintifik setting Discovery Learning dalam Pembelajaran