PENGARUH PERSEPSI TENTANG KUALITAS PELAYANAN SEKOLAH, PARTISIPASI DALAM PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Kemampuan matematika anak–anak Indonesia masih rendah. kemampuan matematika tercermin dalam hasil belajar matematika. Persepsi siswa tentang kualitas pelayanan sekolah, gaya belajar dan partisipasis siwa dalam pembelajaran adalah beberapa variabel yang mempengaruhi hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas yang bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui gambaran persepsi siswa tentang kualitas pelayanan sekolah, gaya belajar, partisipasi siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar matematika, (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pelayanan sekolah dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa–siswa SMK Negeri di Kabupaten Sinjai. Data dikumpulkan melalui 214 orang sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik proporsional stratified random sampling, dengan menggunakan skala penilaian persepsi siswa tentang kualitas pelayanan sekolah, gaya belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran serta tes hasil belajar matematika yang terstruktur sebagai instrumen penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar pelayanan sekolah dengan kategori tinggi, gaya belajar dengan kategori sedang, partisipasi dalam pembelajaran kategori sedang, dan hasil belajar matematika dengan kategori rendah; (2) Persepsi siswa tentang kualitas pelayanan sekolah yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran), dan gaya belajar yang secara langsung berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika dan secara tidak langsung (melalui partisipasi dalam pembelajaran) gaya belajar berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap hasil belajar matematika.