PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI TENTANG MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan persepsi siswa tentang matematika terhadap minat dan hasil belajar matematika (2) Apakah ada perbedaan minat belajar matematika, siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika, siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (4) Apakah ada perbedaan minat belajar matematika, siswa yang memiliki persepsi positif dengan siswa yang memiliki persepsi negatif tentang matematika (5) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki persepsi positif dengan siswa yang memiliki persepsi negatif tentang matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Salomekko tahun pelajaran 2014-2015 di Kabupaten Bone. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Salomekko dan SMP Negeri 3 Salomekko, banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 47 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket persepsi tentang matematika, minat belajar, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis Multivariate Analysis of Varians. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa: (1) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran kooperatif dengan persepsi siswa tentang matematika terhadap minat dan hasil belajar (2) Terdapat perbedaan minat belajar matematika siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (4) Terdapat perbedaan minat belajar matematika, siswa yang memiliki persepsi positif dengan siswa yang memiliki persepsi negatif tentang matematika (5) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki persepsi positif dengan siswa yang memiliki persepsi negatif tentang matematika.