PEMIKIRAN K.H. YAHYA SYABRAWI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM I GANJARAN GONDANGLEGI MALANG

Abstract

Pondok pesantren disebut sebagai lembaga pendidikan Islam. Karena, merupakan lembaga yang berupaya menanamkan nilai-nilai Islam di dalam diri santri. Sebagai lembaga pendidikan Islam, pondok pesantren memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan lembaga-lembaga pendidikan lain, yakni jika ditinjau dari sejarah pertumbuhannya, komponen-komponen yang terdapat di dalamnya, pola kehidupan warganya, serta pola adopsi terdapat berbagai macam inovasi yang dilakukannya dalam rangka mengembangkan sistem pendidikan baik pada ranah konsep maupun praktik. Dalam penulisan ini sebagai sumbangan pemikiran berdasarkan konsep Islam yang bersumber dari Al-Qur’an, Al-Hadits, Al-Ijma’ dan Al-Qiyas yang diharapkan mampu menjadi sarana pengembangan wawasan keilmuan dan penghayatan serta pengalaman keagamaan di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa Pemikiran K.H. Yahya Syabrawi Tentang Pemikiran Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang dapat terlihat bahwa pondok pesantren tersebut sebagai wadah menuntut ilmu pengetahuan untuk melanjutkan nilai-nilai perjuangan Agama, Bangsa dan Negara. Sebagai wadah kaderisasi putra dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk kelangsungan syari’at Islam dimuka bumi. Dan sebagai wadah penghimpun putra Islam dalam upaya memperkokoh Ukhuwah Basyariyah, Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah dan pengembangan pengamalan syari’at Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah.