THE APPLICATION OF EXPERIMENTAL METHOD IN TEACHING WRITING PROCEDURE TEXT
Abstract
Di Indonesia, Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang dipelajari mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Sebagai bahasa asing tentunya ada beberapa kendala yang dihadapi dalam menyampaikan mata pelajaran dan mempelajarinya. Oleh karena itu, guru diharapkan mampu menerapkan beberapa metode, teknik maupun strategi untuk mempermudah yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mampu meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode experimen dalam pembelajaran menulis teks Prosedur dan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan metode eksperimen dari penerapan metode eksperimen dalam pelajaran menulis teks prosedur (prosedure text) di kelas X MAN 2 Madiun tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Sedang teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data and verifikasi data. Berdasarkan hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi, diperoleh hasil sebagai berikut: penerapan metode eksperimen terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama yaitu persiapan dimana guru mempersiapkan materi, media dan alat penilaian. Tahap kedua adalah presentasi dimana guru menerapkan metode eksperimen sesuai rujukan yang digunakan. Selain itu, ada beberapa kelebihan metode eksperimen dalam pembelajaran menulis prosedur text, yaitu: (1) metode eksperimen dapat mendorong siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, (2) dengan penerapan metode eksperimennamun demikian, dalam penelitian ini juga ditemukan beberapa kekurangan dari metode eksperimen, yang antara lain: (1) metode eksperimen membutuhkan waktu yang cukup lama dan (2) kelas menjadi gaduh sehingga guru dituntut untuk mampu mengelola kelas dengan lebih efektif dimana hal tersebut membutuhkan skill tersendiri dari seorang guru.