ULUMUL QUR’AN DALAM PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI SEBUAH PENDEKATAN FILSAFAT ILMU

Abstract

Ulumul Qur’an sebagai ilmu dalam paradigma filsafat ilmu akan membedakan antara ilmu dan pengetahuan. Sedangkan tafsir al Qur’an sebagai ilmu paradigma filsafat ilmu meminjam istilah yang dikemukakan oleh Muhammad Muslih tentang rekonstruksi Al Jabiri mengenai tipologi Epistemologi Islam, ada tiga yaitu: Bayani, Irfani, dan Burhani. Tafsir al Qur’an perspektif epistemology bayani bersumber (origin) pada al Qur’an, al hadits, dan ijma’ (otoritas salaf), Al ilm tauqifi. Tafsir al Qur’an perspektif epistemology Irfani, bersumber (origin) pada experience, al ru’yah al mubasyarah, direct experience, al ilm al hudluri, preverbal, prelogical knowledge. Dan Tafsir al Qur’an perspektif epistemology burhani bersumber pada validitas al waqi’, (alam, social, komunitas) dan al ilm wal kusuli. Ketiga Tipologi Epistemologi Islam tersebut memiliki metode, pendekatan, dan tolok ukur validitas sesuai dengan keilmuan masing-masing.