PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR
Abstract
Tidak mudah mentransformasikan materi yang begitu padat dan sulit menjadi dengan mudah diterima oleh para siswa. Untuk itu diperlukan media pembantu agar siswa dapat dengan mudah menyerap materi yang diberikan oleh guru. Diperlukan juga pengetahuan yang cukup serta pengalaman yang mumpuni untuk mengambil sebuah media pembelajaran yang sesuai dengan materi bahan ajar serta waku yang sesuai dengan kondisi yang ada. Dalam beberapa wacana disebutkan bahwa agar proses belajar mengajar berlangsung baik dan dapat dengan mudah diterima oleh siswa, siswa harus dibawa pada situasi yang konkrit, agar siswa dapat mengamati sendiri, menanggapi sendiri dan memiliki pengalaman sendiri yang bersifat nyata. Dalam proses belajar mengajar untuk dapat membawa siswa dalam situasi yang konkrit, diperlukan suatu alat bantu pembelajaran yang tepat, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran bisa berupa buku-buku pustaka, benda tiruan, benda-benda peninggalan, peta, gambar, foto OHP, dan sarana apa saja yang dapat membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Prinsipnya media pembelajaran akan sangat berguna bagi siswa, sebab ia akan memiliki pengalaman langsung, memiliki tanggapan yang kuat dan dengan demikian sesuatu yang mereka pelajari akan akan mudah diterima dan di fahami. Inilah yang mendorong penulis untuk menyusun karya ini, apa ini benar media pembelajaran mempunyai kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar siswa.