Pemberdayaan UMKM Desa Kunyi Melalui Potensi Umbi Gadung dengan Pendekatan Promosi berbasis Teknologi
Abstract
Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan keunggulan lokal daerah saat ini sedang giat disosialisasikan di masyarakat. UMKM sebagai sektor ekonomi strategis khususnya di Desa Kunyi Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar sebagai salah satu daerah dengan potensi Umbi tanaman Gadung. Walaupun telah dibina melalui program pemerintah namun promosi dan penjualan saat ini masih dianggap sangat kurang. Kondisi saat ini pemasaran produk masih sangat minim karena dilakukan secara direct selling (dari rumah ke rumah), dan melalui penitipan barang pada kios-kios jualan rumahan saja di wilayah desa tetangga atau antar kecamatan terdekat. Untuk itu melalui kegiatan pengabdian masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan Teknologi Informasi melalui pendekatan promosi desain produk. Kegiatan dilakukan melalui empat tahapan yang dibagi menjadi dua sektor pengembangan yaitu (1) pengembangan promosi produk dan (2) pengembangan layanan. Pengukuran hasil tindakan dilakukan melalui wawancara mitra terkait pendekatan yang dilakukan dan untuk mengevaluasi produk melalui model angket kuesioner. Hasil Observasi menunjukkan tingkat partisipatif mitra dan penjualan produk semakin meningkat dan tanggapan pelanggan yang menjadi sampel dalam kajian ini menunjukkan bahwa kemasan serta kualitas rasa produk dinilai sangat baik.