PENGEMBANGAN MODUL PERENCANAAN KARIER UNTUK SISWA SMP

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menyusun modul perencanaan karier untuk membantu siswa SMP dalam merencanakan studi lanjut yang teruji secara teoritis maupun praktis, yaitu memenuhi kriteria keberterimaan melalui uji ahli, uji kelompok kecil dan uji kelompok terbatas. Desain penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan uji coba. Subjek penelitian yaitu empat orang ahli, tiga orang konselor dan enam orang siswa. hasil uji ahli dan uji kelompok kecil diperoleh hasil bahwa prototype yang dikembangkan telah memenuhi syarat keberterimaan. Hasil uji kelompok terbatas (eksperimen) dengan one-group pretest- posttest design terhadap enam orang siswa, menunjukkan hasil yang nyata bahwa setelah mengikuti kegiatan bimbingan perencanaan karier menggunakan modul rata-rata siswa mengalami peningkatan dalam semua komponen perencanaan karier, yaitu pengetahuan tentang diri sendiri, pengetahuan studi lanjutan, pemilihan rencana karier, pengambilan keputusan karier dan melaksanakan rencana. Disimpulkan terjadi peningkatan setelah mengikuti kegiatan bimbingan perencanaan karier. Hal ini berarti bahwa modul perencanaan karier efektif untuk membantu siswa dalam memilih studi lanjut.