PERILAKU AGRESIF DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA SISWA SMP NEGERI 8 MAKASSAR)
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui mengetahui bentuk perilaku agresif siswa di SMPN 8 Makassar. (ii) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku agresif siswa di SMPN 8 Makassar. (iii) mengetahui dampak perilaku agresif bagi prestasi belajar dan hubungan dengan teman sebaya siswa di SMPN 8 Makassar. (iv) bentuk penanganan perilaku agresif siswa di SMPN 8 Makassar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian; (i) bentuk perilaku agresif siswa adalah perilaku agresif fisik seperti memukul, membanting pintu, membanting meja, menyenggol, melempar, memukul meja, mendorong, dan menyentil telinga. Bentuk perilaku agresif verbal seperti mengancam, membentak, memaki, menghina, mengejek, berteriak dan memanggil dengan sebutan buruk. (ii) faktor yang memengaruhi perilaku agresif adalah (a) pengalaman masa kecil, (b) perlakuan buruk orangtua, (c) dukungan dari orangtua dan teman sebaya, (d) peran model kekerasan yang dilihat dari orangtua, teman sebaya, dan kebiasaan nonton TV dan main game yang beradegan kekerasan, (e) amarah yang tak terkontrol, (f) frustasi karena selalu gagal dalam mencapai tujuan. (iii) dampak perilaku agresif yaitu prestasi belajar rendah dan hubungan sosial dengan teman sebaya yang tidak baik dan (iv) bentuk penanganan perilaku agresif melalui teknik psikodrama.