PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MAKASSAR BAGI SISWA SMP/MTs. DI SULAWESI SELATAN

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menghasilkan produk  materi pembelajaran bahasa Makassar  bagi siswa SMP/MTs. yang layak dari segi isi, bahasa, dan penyajian. Desai penelitian yang digunakan mengacu pada penelitian  pengembangan Four-D oleh Thiagarajan (1974:5) yang   melalui empat  tahap, yaitu (1) pendefinisian; (2) perencanaan ; (3)  pengembangan, dan (4) penyebarluasan.  Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis domain dengan prinsip kritis dan reflektif. Materi pembelajaran ini divalidasi oleh  pakar pengajaran bahasa, linguistik, dan paakar sastra serta diujicobakan kepada guru bahasa Makassar tingkat SMP/MTs di Kota Makassar sebagai praktisi di lapangan...Temuan penelitian menggambarkan bahwa setelah produk ini drevisi, maka hasil penilaian produk akhir berada pada kategori sangat layak (92%).Demikian pula hasil uji coba praktisi (guru) di lapangan, berada pada kategori sangat layak (96%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk materi pembelajaran  bahasa Makassar yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai  salah satu sumber bahan ajar bahasa Makassar di Sulawesi Selatan