MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TIK YANG VALID DAN EFEKTIF PADA SMAN 4 KENDARI

Abstract

Tujuan peneitian ini adalah untuk menghasilkan  model pembelajaran PAI berbasis TIK yang valid dan efektif pada SMAN 4 Kendari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian Borg dan menggunakan pendekatan teknik analisis berbasis ICT untuk menghasilkan model pembelajaran yang valid dan efektif di SMAN 4 Kendari. Hasil uji coba I adalah Model PAI TIK sudah terlaksana dengan baik, tetapi belum efektif, karena ketuntasan klasikal belum tercapai dan aktivitas siswa belum sesuai yang diharapkan. Kemudian merevisi model sebelum dilakukan uji coba II. Hasil uji coba II adalah Model PAI TIK sudah efektif, karena ketuntasan klasikal telah tercapai, aktivitas siswa sudah sesuai yang diharapkan, kemampuan guru mengelola pembelajaran sudah dalam kategori tinggi, respon siswa terhadap pembelajaran  dalam kategori positif. Berdasarkan hal tersebut, maka diperoleh model pembelajaran PAI berbasis TIK yang valid dan efektif.