Meningkatkan Nilai Tugas Proyek PPKN Melalui Implementasi Model Project Based Learning

Abstract

Penelitian bertujuan: (1) Untuk meningkatkan nilai tugas proyek PPKn melalui implementasi model project based learning, siswa kelas VII4 SMPN 3 Tanete Rilau kabupaten Barru. (2) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelolah dan mengendalikan implementasi model project based learning. (3) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam melaksanakan implementasi model project based learning. Penelitian ini penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dikombinasi pendekatan kualitatif, yang terdiri tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII4 SMPN 3 Tanete Rilau Barru yang berjumlah 19 orang, 10 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas peserta didik dan kemampuan guru, sedang data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil tindakan tiap akhir siklus. Dari hasil penelitian ditemukan perubahan secara positif siklus dua ke siklus tiga kemampuan guru dan aktivitas peserta didik, serta peningkatan nilai tugas proyek dari siklus dua ke siklus tiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat peningkatan nilai tugas proyek PPKn peserta didik dari siklus dua ke siklus tiga, terjadi perubahan kemampuan guru ke arah yang positif dari siklus dua ke siklus tiga, terjadi perubahan aktivitas peserta didik ke arah yang positif dari siklus dua ke siklus tiga.