PENDIDIKAN ISLAM DI TANAH MELAYU: Sistem Pendidikan Madrasah al-Jam’iyatul Chalidiyah di Langkat, 1941-2016

Abstract

<strong>Abstrak: </strong>Artikel ini mengkaji sistem pendidikan di Madrasah Al-Jam’iyatul Chalidiyah di Langkat. Kajian ini dilatari oleh keyakinan bahwa ada banyak lembaga pendidikan Islam yang didirikan sepanjang era kolonial, dan terus bertahan sampai era kemerdekaan. Secara khusus, kajian ini hendak meneliti eksistensi Madrasah Al-Jam’iyatul Chalidiyah ditinjau dari perspektif ilmu pendidikan Islam, sehingga akan dianalisa tujuan, pendidik dan peserta didik, kurikulum, metode, dan fasilitas pendidikan madrasah ini. Objek kajian akan didekati dengan pendekatan sejarah, dan data penelitian diperoleh melalui kegiatan telaah dokumen. Kajian ini menemukan bahwa sistem pendidikan di Madrasah Al-Jam’iyatul Chalidiyah telah mengalami banyak perubahan setelah berusia 75 tahun yang dapat dibagi menjadi tiga fase, yakni fase sebelum kemerdekaan Indonesia, sesudah kemerdekaan Indonesia dan reformasi. Kajian ini diyakini dapat memperkaya referensi dalam bidang sejarah pendidikan Islam di luar Jawa, khususnya di dunia Melayu.<br /><br /><strong>Abstract:</strong> <strong>Islamic Education in Malay Land:</strong> <strong>The Education System of Madrasah al-Jam’iyatul Chalidiyah in Langkat</strong><strong>, 1941-2016. </strong>This article examines the education system at Madrasah Al-Jam'iyatul Chalidiyah in Langkat. This study is based on the belief that there are many Islamic educational institutions established throughout the colonial era, and continue to survive until the era of independence. In particular, this study will examine the existence of Madrasah Al-Jam'iyatul Chalidiyah from the perspective of Islamic education science, so that will be analyzed purposes, educators and learners, curriculum, methods, and educational facilities of this madrasah. The object of the study will be approached with a historical approach, and research data is obtained through document review activities. This study found that the education system at Madrasah Al-Jam'iyatul Chalidiyah has undergone many changes after 75 years of age which can be divided into three phases, the pre-independence phase of Indonesia, after Indonesian independence and reform. This study is believed to enrich references in the history of Islamic education outside Java, especially in the Malay world.<br /><br /><strong>Kata Kunci</strong>: sistem pendidikan, madrasah, Melayu, Langkat, Al-Jam’iyatul Chalidiyah