Strategi Koping pada Siswa SMA di Kota Malang

Abstract

Rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didiknya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia dan tarafnya internasional sehingga lulusannya memiliki kemampuan daya saing internasional. Standar yang berbeda ini dapat menjadi Stresor siswa di sekolah. Strategi koping memainkan peran sebagai salah satu kunci dalam membantu siswa untuk mengatasi Sires nya dan juga hambatan yang ditemui dalam proses akademisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi koping yang digunakan siswa SAAA RSBI di kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah subjek sebanyak 100 orang, yaitu siswa SMAN 1, SMAN 3 dan SMAN 4 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner atau angket dengan reliabilitas sebesar 0,927. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi koping yang paling banyak digunakan siswa adalah penyelesaian masalah, kemudian reSlrukturisasi kognitif dan dukungan sosial. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan strategi koping yang engagement, yaitu Strategi koping yang menunjukkan usaha keterlibatan individu dalam usahanya untuk mengatasi situasi stres secara aktif aktif dan berkelanjutan untuk mengatasi situasi yang mereka hadapi.