Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match di SDN 15 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat

Abstract

<p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang dikuasai oleh siswa kelas IV SDN 15 Batipuh. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada tahun pelajaran 2015/2016, hanya 44% siswa yang memenuhi nilai ketuntasan minimal. Kurangnya penguasaan siswa terhadap pelajaran PKn, disebabkan oleh materi pelajaran yang sangat padat, metode belajar yang kurang menarik dan kurangnya minat baca siswa. Berbagai permasalahan tersebut menurut penulis dapat diatasi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif <em>make a match. </em>Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa metode <em>make a match </em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV pada pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah pembelajaran kooperatif <em>make a match </em>juga dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 15 Batipuh. Sebanyak 25 siswa kelas IV SDN 15 Batipuh terlibat sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen, <em>one group pretest-posttest design. </em>Penelitian ini membandingkan hasil belajar PKn siswa antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa proses pembelajaran menggunakan metode <em>make a match. </em>Hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan uji statistik non parametrik <em>wilcoxon signed rank test, </em>menunjukkan metode belajar <em>make a match </em>efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa (<em>mean pretest </em>= 59,60; <em>mean posttest = </em>79, 20; p = 0,00 &lt; 0,05). Hasil evaluasi terhadap metode <em>make a match </em>yang diterapkan juga menunjukkan bahwa seluruh siswa merasa terbantu dengan metode yang diterapkan. Oleh karena itu, metode <em>make a match </em>dapat diterapkan pada mata pelajaran lain yang memiliki karakteristik yang serupa dengan pelajaran PKn.</p><p>Kata kunci: <em>hasil belajar PKn, metode make a match</em></p><p><em><br /></em></p><p align="center"><strong>Abstract</strong></p><p>PKn is one of the less understood subjects by grade 4 students of SDN 15 Batipuh, seen from the student's learning result in 2015/2016, only 44% of students fulfill the minimum grade of graduation. Lack of student mastery of the Civics lesson, apperently caused by the number of lesson material that must be submitted, less interesting learning methods and students lack of interest in reading. Those various problems can be overcome by applying cooperative learning models, such as make a match methods. Previous research has shown that make a match method can improve students' learning outcomes in IPS lessons. The aims of this study is to prove whether cooperative learning with make a match method also can improve the PKn learning outcomes of fourth grade students of SDN 15 Batipuh. 25 grade IV students of SDN 15 Batipuh were involved as samples in this study. The research was conducted by using quantitative methode, quasi experimental, one group pretest-posttest design. This study compared the students' learning outcomes between before and after the intervention of learning process using make a match method. The results of the study were analyzed by using nonparametric statistical test of wilcoxon signed rank test, showing the method of learning make a match effective in improving students' learning outcomes (mean pretest = 59,60; mean posttest = 79, 20; p = 0,00 &lt;0, 05). The results of the evaluation of the applied make-match method also showed that all students felt helped by the method applied. Therefore, the make a match model can be applied to other subjects that have similar characteristics to the PKn lesson.</p><p>Keywords: <em>PKn learning outcome, make a match method</em></p>