Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang)

Abstract

<p class="Afiliasi"><strong>Abstrak</strong><strong></strong></p><p>Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan bahwa 19 siswa dari 32 siswa (59%)  siswa belum memiliki keterampilan bermain bola voli mini yang baik. Masalah tersebut kemungkinan terjadi karena kurang tepatnya metode latihan yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh metode <em>drill </em>dan metode bermain terhadap keterampilan bermain bola voli mini siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (<em>quasi-exsperimen</em><em>t</em><em>.</em><em> </em>Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli mini yang berjumlah 64 siswa, sedangkan sampel diambil dengan <em>purposive sampling </em>sehingga sampel yang digunakan berjumlah 35 orang. Tes yang digunakan adalah tes keterampilan bermain bola voli mini yang terdiri dari tes servis, <em>passing</em> bawah dan <em>passing</em> atas. Data dianalisis dengan menggunakan uji – t. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) metode <em>drill</em> memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan bermain bola voli mini siswa (t<sub>hitung</sub> = 19,23 &gt; t<sub>tabel</sub> = 2,13). Nilai rata-rata tes awal metode <em>drill</em> diperoleh 50,00 dan tes akhir 78,92. Artinya terdapat peningkatan sebesar 28,92. (2) metode bermain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan bermain bola voli mini siswa (t<sub>hitung</sub> = 13,01 &gt; t<sub>tabel</sub> = 2,13). Nilai rata-rata tes awal metode bermain diperoleh 50,00 dan tes akhir 63,65. Artinya terdapat peningkatan sebesar 13,65. (3) terdapat perbedaan antara metode <em>drill</em> dan metode bermain terhadap keterampilan bermain bola voli mini siswa (t<sub>hitung</sub> = 7,02 &gt; t<sub>tabel</sub> = 2,13). Nilai rata-rata tes akhir metode <em>drill </em>adalah 78,92 dan metode bermain 63,65. Artinya terdapat perbedaan sebesar 15,27.</p><p>Kata kunci<em>: </em><em> </em><em>metode drill, </em><em>metode </em><em>bermain</em><em>, </em><em>keterampilan bermain bola</em><em> </em><em>voli mini</em><em></em></p><p align="center"><strong><br /></strong></p><p align="center"><strong>Abstract</strong><strong></strong></p><strong><strong><em></em></strong></strong><pre>The field observations conducted by the writer reveal that 19 out of 32 students (59%) elementary students have less skill in playing mini volley ball. This problem might be because of using inappropriate training method. This research aimed at uttering the effect of drill method and play method on skills of playing mini volleyball for students at elementary school 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. The type of this research is quasi experiment. The population was 64 students who attended extracurricular in mini volley ball program. Samples were drawn with purposive sampling technique, eventually, this study had 35 samples. The data were analysed by t-test score of mini volleyball skills, which consists of test of service, forearm pass dan overhead pass. Analysed of data using by t-test. The result of the data analysis showed that (1) drill method significantly affected on skills of playing mini volleyball for students (t</pre><strong><strong><em><sub>score</sub></em></strong></strong><pre> = 19,23 &gt; t</pre><strong><strong><em><sub>table</sub></em></strong></strong><pre> = 2,13). The mean of pre test of drill method is 50,00 and post test 78,92. It means there is a significant improvement 28,92. (2) play method significantly affected on skills of playing mini volleyball for students (t</pre><strong><strong><em><sub>score</sub></em></strong></strong><pre> = 13,01 &gt; t</pre><strong><strong><em><sub>table</sub></em></strong></strong><pre> = 2,13). The mean of pre test of play method is 50,00 and post test 63,65. It means there is a significant improvement 13,65 (3) there was a different effect between drill method and play method on skills of playing mini volleyball for students at elementary school 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang (t</pre><strong><strong><em><sub>score</sub></em></strong></strong><pre> = 7,02 &gt; t</pre><strong><strong><em><sub>table</sub></em></strong></strong><pre> = 2,13). The mean of post test of drill method is 78,92 and play method is 63,65. It means there is a difference 15,27.</pre><p>Keyword<strong>: </strong><em>drill method, play method, skills of playing mini volley</em><em> </em><em>ball</em></p><strong><em><br /></em></strong>