PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD ISLAM TERPADU NUURUSSHIDDIIQ, CIREBON

Abstract

ABSTRAK Kurikulum 2013 atau ‘Kurtilas’ sudah mulai diterapkan di seluruh madrasah di Indonesia. Kurtilas meminta kepada para guru untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar lebih kreatif. Salah satunya adalah kreatif dalam menulis. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Islam Terpadu Nuurusshiddiiq. Adapun jenisnya adalah deskripstif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah seluruh karangan siswa dengan teknik cuplikan purposive sampling, yakni 25 siswa dan 25 siswi. Teknik pengumpulan data dengan 1) observasi, 2) wawancara, 3) angket, dan 4) tes. Validitas data menggunakan tiangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) para siswa belum memahami jenis atau bentuk karangan deskripsi; 2) sebagian besar siswa tidak menggunakan EYD; 3) siswa belum memahami proses pembentukan sebuah kata; 4) siswa belum dapat menulis kalimat dengan baik dan efektif; dan 5) siswa kurang memperhatikan makna kalimat. Kata Kunci: deskripsi, Kurtilas, menulis, siswa