PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NUR KOTA CIREBON

Abstract

<p>Media merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi kegiatan pembelajaran. Media yang tepat akan menunjang kegiatan belajar-mengajar yang yang berlangsung di kelas. Media adalah perantara/ penghubung antara guru dengan murid. Gambar dapat dipergunakan sebagai media pendidikan dan mempunyai nilai-nilai pendidikan bagi peserta didik yang memungkinkan belajar secara efisien peserta didik yang berkaitan dengan pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran IPA di MI. Namun kenyataannya terkadang guru belum mampu menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam kegiatan pembelajaran di kelas.</p><p>Prestasi belajar merupakan ukuran tingkat keberhasilan seseorang dalam mempelajari sesuatu. Presetasi belajar seorang dapat dilihat berdasarkan skor yang diperolehnya dalam menyelesaikan soal-soal ujian terkait dengan bahan yang sedang dipelajarinya. Setiap pembelajaran tentunya mengharapkan hasil belajar yang maksimal, namun pada kenyataanya masih terdapat siswa yang memperoleh nilai IPA dibawah KKM.</p><p>Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA di kelas I MI An-Nur Kota Cirebon, meningkatkan prestasi hasil belajar IPA di kelas I dan pengaruh media gambar sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas I MI An-Nur Kota Cirebon.</p><p>Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data berupa observasi, soal tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian  ini adalah semua siswa MI An-Nur Kota Cirebon sebanyak 375 siswa dan menggunakan <em>Cluster sample</em> yaitu kelas I.1 sebanyak 23 siswa.</p>Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2010. Dari hasil pengolahan data tersebut didapat kesimpulan bahwa Berdasarkan hasil keseluruhan dari mulai pra siklus, siklus I sampai siklus II, hasil belajar yang diperoleh siswa kelas I dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan hasil belajar setiap siklusnya. Pada pra siklus diperoleh rata-rata 60,04, siklus I diperoleh rata-rata 72,17. Nilai tersebut mengalami peningkatan 12,13%, siklus II diperoleh nilai rata-rata 86,52 nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 14,35