PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LEGOK 1 KABUPATEN INDRAMAYU

Abstract

<p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang membutuhkan penalaran yang cermat serta kemampuan dalam memahami dan memecahkan permasalahan.Kendala yang sering ditemui guru dalam mengajar Matematika diantaranya kemampuan pemahaman dan motivasi siswa yang cenderung rendah.Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika yaitu dengan menerapkan metode <em>Problem Solving.</em>Dengan menerapkanmetode <em>Problem Solving</em>diharapkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika.</p><p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana respon siswa terhadap penerapan metode <em>Problem Solving</em>dalam pembelajaran Matematika<em>, </em>untuk mengkaji bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan<em>, </em>dan untuk mengkaji pengaruh daripenerapan metode <em>Problem Solving</em>terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Legok 1 Kabupaten Indramayu.</p><p>Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan metode <em>eksperimen</em>. Teknik pengumpulan datanyaberupa angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitusiswa kelas IV SDN Legok 1 Kabupaten Indramayu berjumlah 35 siswa. Pengambilan sampel pada siswa kelas IV SDN Legok 1 Kabupaten Indramayu yang berjumlah 35 siswa dilakukan dengan menggunakan teknik <em>sampling jenuh</em>. Teknik analisis data menggunakan perhitungan software <em>SPSS Versi 16.</em></p><p>Berdasarkan hasil analisis data penelitian, respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran <em>Problem Solving</em> diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,61 dengan kriteria tinggi. Sedangkanhasil belajar siswa pada pelajaran Matematika diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,59artinya tingkat keberhasilan belajar siswa tinggi. Persamaan regresi kedua variabel didapat sebesar  0.225 (Ῡ=-1.211+0.225X). Adapun koefisien determinasi diperoleh sebesar 0.588,artinya memiliki pengaruh sebesar 58,8%.Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t<sub>hitung</sub>&gt;t<sub>tabel</sub> (6.857&gt;2.034), maka dapat disimpulkan; H<sub>o</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima.Artinya terdapat pengaruh metode <em>Problem Solving</em> (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) pada pelajaran Matematika materi Pecahan.</p><p><strong>Kata Kunci: Metode <em>Problem Solving,</em> Hasil Belajar</strong></p>