Deteksi Konflik Leksikal Pada Diagram Kelas Menggunakan Modifikasi Graf Dan Similaritas Wordnet

Abstract

Pada lingkungan pengembangan perangkat lunak banyak pengguna, konflik dapat terjadi karena pengguna melakukan perubahan pada bagian yang sama. Lingkungan pengembangan banyak pengguna menggunakan kontrol versi untuk mengelolah perubahan yang terjadi. Ketika salah satu pengguna melakukan penyimpanan, kontrol versi mendeteksi terjadinya konflik. Pendeteksian konflik dilakukan untuk mencegah kloning dan kesalahan sintaksis pada proses penggabungan dua buah versi. Pada penelitian ini digunakan sebuah metode untuk mendeteksi konflik secara leksikal pada diagram kelas dalam lingkungan pengembangan banyak pengguna. Metode ini menggunakan pendekatan modifikasi graf dan similaritas WordNet. Pendekatan modifikasi graf digunakan untuk mencari bagian dalam diagram kelas yang hanya mengalami perubahan. Kelas, atribut, operasi dan relasi dimodelkan menjadi bentuk graf. Pendekatan ini menghasilkan graf dengan aturan minimal. Graf dengan aturan minimal adalah graf yang hanya mengalami perubahan. Konflik dapat dideteksi dengan membandingkan similaritas WordNet dua buah versi graf dengan aturan minimal. Pasangan bagian yang mempunyai nilai similaritas tinggi teridentifikasi sebagai kasus konflik leksikal. Dalam penelitian ini metode diujikan dengan menggunakan diagram kelas yang terdiri dari 30 versi. Dari penelitian ini pendekatan yang diambil diperoleh nilai kappa sebesar 0,6404 yang menunjukkan bahwa hasil tingkat kecocokan antara sistem dan pakar pada penelitian ini adalah kuat (good)