Desain Aplikasi E-Learning Sasmoko.com
Abstract
Kebutuhan akan konsep dan mekanisme pengajaran dan pembelajaran berbasis teknologi informasi semakin tinggi. Hal ini dikarenakan perkuliahan di kelas memiliki batasan pada pertemuan sehingga waktu yang tersedia untuk melakukan interaksi belajar terbatas. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan media teknologi komunikasi informasi yang disebut E-Learning. E-Learning menjadikan kuliah lebih interaktif karena siswa dapat berinteraksi dengan pembelajaran yang lebih luas melalui internet. Berdasarkan permasalahan dan manfaat dari E-Learning, maka Prof. Sasmoko berinisiatif membuat aplikasi E-Learning untuk mata kuliah yang diajarkan yaitu metode penelitian yang diberi nama sasmoko.com. Aplikasi dibuat menggunakan metode siklus hidup pengembangan sistem informasi (Life Cycle System Development Methodology) karena dapat melihat masalah secara sistematis dan struktural yang diawali dengan analisa perancangan, koding, dan pengujian sistem. Aplikasi menggunakan teknologi HTML 5 untuk interface dan Mysql untuk database. Adapun hasil yang didapatkan berupa aplikasi yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar diluar jadwal seperti penyediaan materi, kuis atau tes, referensi berupa jurnal dan perpustakaan serta diskusi secara online