Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw Ditinjau Dari Hsail Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw ditinjau dari hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SD Gugus Diponegoro Kota Salatiga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kuasi eksperimen (quasi research).. Hasil penelitian menggunakan Uij T pada varian model pembelajaran, diperoleh T hitung sebesar 2,187 dan T tabel yaitu 1,664 dan taraf signifikansi sebesar 0,0155. Oleh karena nilai probabilitas 0,0155 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan diterima Ha, artinya hasil belajar Matematika dalam penerapan model pembelajaran Jigsaw lebih unggul daripada model pembelajaran Bamboo Dancing di SD Gugus Diponegoro Salatiga. Abstract:  The purpose of this study was to investigate any significant differences between Bamboo Dancing and Jigsaw learning method types reviewed from the fourth graders of SD Gugus Diponegoro Salatiga City’s learning outcomes in mathematic. The technique used in the study was quasi research. The findings of the study through applying T-Test toward the learning method types being investigated resulted in Tcountis 2,187 and Ttabel is 1,664 and 0.0155 or <0.05 significant rate. It indicated that the result of the Mathematic that use of Jigsaw learning type was more eminent than the Bamboo Dancing.