PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SD SMP NEGERI SATAP 2 LINGSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Prediction Guide berbantuan Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SD SMP Negeri SATAP 2 Lingsar. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif dengan bentuk rancangan Posttest Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian berjumlah 17 siswa untuk kelas kontrol dan 17 siswa untuk kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini diambil pada siswa kelas sampel dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket motivasi dengan jenis tertutup yang terdapat pernyatan positif dan negatif, dan tes hasil belajar kognitif dengan jenis pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket motivasi dan tes hasil belajar kognitif pada materi klasifikasi makhluk hidup. Data angket motivasi dan hasil belajar kognitif yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t, hasil analisis data menunjukan bahwa motivasi kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, untuk uji-t motivasi belajar siswa diperoleh t hitung 10,55 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% 2,04 sehingga t hitung > t tabel maka Ha diterima. Hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang diberi strategi pembelajaran Prediction Guide berbantuan Mind Mapping lebih tinggi dari kelas kontrol, dan untuk uji-t hasil belajar kognitif siswa t hitung 6,39 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% 2,04 sehingga t hitung > t tabel maka Ha diterima. Dengan demikian strategi pembelajaran Prediction Guide berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SD SMP Negeri SATAP 2 Lingsar.