KONTRIBUSI LINGKUNGAN BELAJAR DAN PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisis hubungan lingkungan belajar dan proses pembelajaran dalam upaya peningkatan prestasi siswa di sekolah, analisis menggunakan metode kuantitatif, data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi, data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument sebagai alat pengumpulan data dengan menggunakan skala likert. Penelitian dilakukan terhadap guru-guru Madrasah Aliyah Negeri di Jakarta Selatan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa lingkungan belajar memiliki hubungan yang positif terhadap prestasi belajar siswa, begitu pula dengan proses pembelajaran yang memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, hal ini menunjukkan bahwa pencapaian prestasi belajar siswa yang baik dapat dilakukan dengan upaya peningkatkan kualitas lingkungan belajar di sekolah serta adanya proses pembelajaran yang berkualitas, dengan demikian maka upaya dalam peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan perbaikan dan peningkatan kualitas proses pembelajaran serta adanya upaya peningkatan kualitas tenaga pendidik di sekolah sehingga lebih professional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang tenaga pendidik.