PENGARUH KEGIATAN HANDICRAFT TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK TK KELOMPOK B DI TK KARUNIA KECAMATAN TUNTUNGAN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan handicraft terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Karunia  di kecamatan Medan Tuntungan.. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah ekperimen  dengan desain penelitian eksperimen kuasi yang dilakukan selama 3 bulan. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 anak kelompok  B di TK Karunia. Instrument yang digunakan adalah tes motorik halus dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis (uji-t). Hasil analisis data observasi akhir diperoleh  Fhitung 1,09< Ftabel 2,15 ( homogen). Uji hipotesis didapat thitung (-2,682  ) di luar daerah ttabel (2.0378), maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan kegiatan  handicraft  terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Karunia Kec. Tuntungan.Kata Kunci: penelitian eksperimen, handicraft, motorik halus Abstract :  The objective of this study was to determine the effect of handicraft activities on the fine motor skills children of  group B children in the TK Karunia in Kec.Medan  Tuntungan To achieve these objectives, the type of research used was experiment with the quasi - experimental research design in 3 months. Sample of this study were 40 children in group B at TK Karunia. The instrument used is fine motor tests and documentation. Data analysis uses tests of normality, homogeneity, and hypothesis (t-test). The results of the final observation data analysis obtained Fcount 1.09 <Ftable 2.15 (homogeneous). Hypothesis testing is obtained tcount (-2.682) outside the table (± 2.0378) area, it can be concluded that there is a significant effect of the use of handicraft activities on the fine motoric development of group B children in the TK Karunia in Kec. Medan  TuntunganKey word: experiment research, handicraft, fine motor skill