GENDER & EKONOMI (Analisa Terhadap Mitra Go-Jek Perempuan di Indonesia Tahun 2018)

Abstract

Transportasi sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat milenial. Transportasi yang aman, nyaman, mudah, dan murah merupakan syarat utamanya. Sektor ini dengan cepat ditanggapi oleh seorang entrepreneur muda Indonesia yang dengan membangun kerajaan bisnis yang berbasis daring. Go-Jek Indonesia telah menjelma menjadi salah satu bisnis transportasi terkemuka di Indonesia. Mitranya tidak hanya laki-laki tetapi juga perempuan. Penelitian ini menggambarkan bagaimana perlakuan perusahaan terhadap mitra perempuannya dan apa respon masyarakat atas keikutsertaan perempuan dalam bidang yang didominasi kaum laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan perlakuan perusahaan baik pada mitra perempuan ataupun lelaki, hanya saja stigma masyarakat tentang perempuan yang lemah dan kurang lincah di jalan merupakan alasan munculnya respon negative.