Mengukur Tingkat Kinerja Tata Kelola Teknologi Informasi Di Perguruan Tinggi Menggunakan IT Balanced Scorecard

Abstract

Abstrak - Salah satu tujuan utama tata kelola TI adalah untuk menyelaraskan setiap proses bisnis yang ada dengan teknologi informasi. Setiap institusi perguruan tinggi  berusaha memanfaatkan TI sebagai alat untuk memenangkan persaingan bisnis tersebut. Agar TI dapat dimanfaatkan secara maksimal dan mendukung sistem yang ada di institusi perguruan tinggi, dibutuhkan penilaian kinerja dari TI secara berkala. Salah satu metode untuk melakukan penilaian terhadap kinerja tata kelola TI adalah dengan memanfaatkan IT Balanced Scorecard . Penilaian tata kelola dengan IT Balanced Scorecard diperlukan untuk melihat sejauh mana strategi tersebut terjalin, visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai dalam institusi. Meningkatkan kinerja tata kelola TI adalah alasan utama untuk membangun dan menerapkan balanced scorecard tata kelola TI. Dengan balanced scorecard tata kelola TI , organisasi dapat memberdayakan jajaran struktural mereka, serta bisnis dan partisipan TI dengan memberikan informasi yang diperlukan untuk bertindak dan mencapai perpaduan yang lebih baik antara bisnis dan TI dan pada akhirnya mencapai hasil yang lebih baik. IT Balanced scorecard dapat memainkan peran penting dalam keseluruhan program yang harus tepat untuk meningkatkan tata kelola TI di institusi perguruan tinggi. Kata Kunci : Tata Kelola TI , Tingkat Kinerja, IT Balanced Scorecard