THE INFLUENCE OF USING SEMANTIC MAPPING ON THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Semantic Mapping pada pemahaman membaca siswa di kelas XI SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro, in the Tahun Ajaran 2014/2015 . Penelitian ini merupakan penelitian Experiment Murni. Data yang diambil berasal dari nilai pemahaman membaca. Tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda denga empat opsi jawaban (A.B, C, D) Penelitan ini menggunakan kelas pretest dan postest baik dalam kelas kontrol maupun kelas eksperimen.materi yang diteskan berupa materi pemahaman membaca.hasil akhir menyatakan bahwa Semantic Mapping adalah salah satu metode yang effektif untuk menambah pemahaman membaca siswa dengan melihat hasil pretest pada kelas eksperimen 58,83 dengan rata rata postest 77. Sedangkan pada kelas kontrol hasil pretest 61,36 dan hasil postes nya 69,84.standar KKM yang dicapai pada kelas eksperimen(93,3%) dan pada kelas kontrol (66,7%). Artinya hasil yang dicapai pada ekperimen kelas lebih tinggi daripada hasil dari kelas kontrol. Semantic Mapping tekhnik bisa menjadi alternative pilihan dari pembelajaran Pemahaman Membaca. Khususnya bagi siswa kelas XI SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro. Tahun Ajaran 2014/2015. . Keywords: Reading, Semantic Mapping.