Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Tata Boga Materi Pembuatan Brownis Pisang Melalui Model Pembelajaran Eksplicit Instruction

Abstract

Brownis pisang merupakan panganan kue yang menggunakan pisang sebagai bahan utama dalam pembuatan. Dengan memanfaatkan komoditas Lampung, berupa pisang lokal, dapat meningkatkan nilai jual bagi brownis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan tata boga materi pembuatan brownis pisang bagi anak dengan tunagrahita ringan dengan mengunakan model pembelajaran Eksplicit Instruction. Penelitian ini dilaksanakan di SMALB – C Negeri Metro dengan jumlah dua peserta didik kelas XII. Penelitian dilaksanakan dari bulan Januari hingga Maret 2017. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Kegunaan penelitian tindakan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan tata boga. Terdapat dua siklus, yang memiliki empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Analisis keberhasilan penelitian dilakukan secara individu yaitu per indikator untuk setiap anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar keterampilan tata boga materi pembuatan brownis pisang pada anak dengan tunagrahita ringan kelas XII SMALB- C Negeri Metro yang dilakukan dengan model pembelajaran Eksplicit Instruction. Kata Kunci      : Anak Tunagrahita, Keterampilan Tata Boga, Brownis Pisang