Upaya Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Tematik

Abstract

Upaya peningkatan kreativitas belajar siswa menggunakan metode tanya jawab pada mata pelajaran tematik kelas iii sdn4 sritejokencono kecamatan kota gajah kabupaten lampung tengah tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan PTK (Penelitian Tindak Kelas) adalah kegiatan tolak ukur untuk meningkatkan mutu pendidikan yang dilakukan oleh guru. Dalam PTK masalah-masalah yang muncul dalam pembelajaran akan diselesaikan dengan penggunaan suatu metode. Penelitian mencari solusi masalah di kelas dengan menggunakan Metode Tanya Jawab agar siswa kelas III termotivasi dalam mata Pelajaran Tematik dengan maksimal. Langkah analisis dilakukan dengan perencanaan tindakan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Penelitian kegiatan tersebut melalui beberapa siklus.   Kata Kunci : Tematik, Metode Tanya Jawab