Strategi Pengembangan Museum dan Situs Kepurbakalaan Banten Lama Kota Serang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi alternatif pengembangan museum dan situs kepurbakalaan Banten Lama kedepan agar museum dan situs yang dikelola oleh Balai Pelestarian Cagara Budaya Serang tersebut dapat berfungsi optimal. Penelitian ini bersifat kualitatif yang menggunakan metode manajemen strategik untuk mengungkapkan isu-su strategis melalui analisis SWOT dan uji Litmus. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengembangan museum dan situs Banten Lama yang didapat adalah penambahan jumlah SDM yang terspesialisasi sesuai kompetensi ke dalam unit berdasarkan kebutuhan  museum dan situs, pelaksanaan evaluasi kegiatan yang dilakukan bersama stakeholders secara konsisten dan berkelanjutan, merencanakan kegiatan pelestarian yang menyeimbangkan pada aspek ideologis, akademis, ekologis, dan ekonomis, pengidentifikasian stakeholders sebagai mitra dalam pengembangan museum dan Situs Banten Lama agar mampu beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat, peningkatan sumber daya yang dialokasikan untuk mengoptimalkan pengawasan benda/bangunan situs, peningkatan dalam penyusunan skala prioritas dan target untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat terkait museum dan situs Banten Lama beserta cara pelestariannya, peningkatan koordinasi pekerjaan dengan pihak keluarga kesultanan Banten Lama untuk bekerjasama dalam pelestarian, peningkatan kualitas pelayanan dengan merencanakan dan merumuskan serta dikoordinasikan dengan baik yang diiringi pemberian motivasi, peningkatan kemampuan komunikasi dan pengarahan pada pemandu dalam pemberian pelayanan.