Konsep integrasi dalam sistem pembelajaran mata pelajaran umum di pesantren

Abstract

<p class="16bIsiAbstrak">Mengintegrasikan dalam sistem pembelajaran mata pelajaran umum tentu dapat memperkaya khazanah keilmuan di pesantren yang tak terbatas pada pembelajaran literatur pelajaran diniah saja, tapi juga memperkaya dinamika sistem pembelajaran pesantren, dengan banyak mempelajari aneka keilmuan. Dari survei awal ke beberapa pondok pesantren, penelitian ini difokuskan menjawab pertanyaan, “Bagaimana konsep integrasi dalam sistem pembelajaran di pesantren”. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu metode ini dimulai dengan menyusun asumsi dasar pemikiran yang kemudian digunakan secara sistematis dalam pengumpulan, pengolahan dan analisa, dan penafsiran data yang digunakan untuk menjelaskan fenomena suatu unsur dengan unsur lain, dan lebih mengutamakan terhadap kekuatan analisis pada sumber-sumber data yang diperoleh dari berbagai teori-teori yang ditafsirkan secara jelas dan mendalam yang mengarah kepada pembahasan. Integrasi dalam sistem pembelajaran mata pelajaran umum ini adalah upaya untuk meleburkan polarisme antara agama dan ilmu yang diakibatkan pola pikir pengutuban antara agama sebagai sumber kebenaran yang independen dan ilmu sebagai sumber kebenaran yang independen pula. Urgen kapasitas agama dalam kehidupan manusia, maka sepatutnya agama dikembangkan sebagai dasar nilai pengembangan ilmu. Dalam implementasinya tugas pondok pesantren dalam menjalankan sistem pembelajaran dapat dilakukan pertama, perumusan visi, misi dalam mewujudkan tujuan. Kedua, penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran dengan baik agar melahirkan <em>outcome</em> dan <em>output</em> yang baik. Ketiga, pembinaan para santri yang baik sehingga upaya melahirkan santri yang menjadi kader ulama dan kader umara dapat diwujudkan. Ke empat, Menyelenggarakan manajemen pesantren yang bermuara pada pelayanan mutu yang baik. Implementasi Dalam Sistem Pembelajaran: Pertama, implementasi dalam sistem pembelajaran umum dalam kerangka pengembangan pesantren, integrasi dalam sistem pembelajaran pesantren tidak hanya mengembangkan ilmu agama saja akan tetapi juga harus mengembangkan ilmu umum yang bercorak integratif tersebut.</p>